Senin, 23 September 2013

Bumi Hampir Ditubruk Asteroid


Sebuah asteroid seukuran truk kecil mendekat ke Bumi, Sabtu, 8 Juni 2013. Jarak benda langit ini empat kali lebih dekat daripada Bulan dengan Bumi. Asteroid itu dinamakan 2013 LR6. Dan kemunculannya meningkatkan kesadaran akan potensi dampak berbahaya bagi planet ini. Apalagi akhir-ahir ini Bumi kerap mendapat kunjungan benda luar angkasa.

Dilansir dari laman Reuters, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan, asteroid 2013 LR6 ditemukan sehari sebelum posisi terdekatnya dengan Bumi. Sekitar 104.607 kilometer dari Southern Ocean, di atas Samudra Selatan, sebelah selatan Tasmania, Australia. "Asteroid selebar 10 meter ini tidak menunjukkan ancaman berbahaya," tulis Reuters.

Sebelumnya, asteroid yang relatif lebih besar, selebar 2,7 kilometer, melintas sejarak 5,8 juta kilometer dari Bumi. Dijuluki QE2, asteroid ini lewat bersama deretan bulannya. Lalu, pada 15 Februari 2013, asteroid kecil meledak di atmosfer, di atas Chelyabinsk, Rusia. Ledakan itu menyebabkan kaca pecah dan sejumlah bangunan runtuh. Akibatnya, lebih dari 1.500 orang terluka. Pada hari yang sama, asteroid lain melintas dengan jarak 27.680 kilometer dari Bumi. Lebih dekat dari jaringan satelit komunikasi yang mengelilingi planet.

“Secara teoretis, ada kemungkinan terjadi tabrakan antara asteroid dan Bumi,” kata astronom Gianluca Masi.

Melalui proyek Teleskop Virtual, yang disiarkan langsung dengan webcast Google+, Masi menunjukkan gambar mendekatnya asteroid. Pendapat serupa juga diungkapkan NASA. Berdasarkan pengamatan, NASA menemukan ada sekitar 95 persen asteroid, berdiameter 0,65 kilometer atau lebih besar. Dan dalam perjalanannya, mereka relatif dekat dengan Bumi.

Sekitar 65 juta tahun lalu, sebuah obyek langit menabrak Bumi di Semenanjung Yucatan, Meksiko. Tumbukan itu memicu perubahan iklim global yang diyakini sebagai penyebab punahnya dinosaurus dan bentuk kehidupan lain di Bumi. Dan kini, NASA, organisasi penelitian, serta perusahaan swasta berusaha melacak benda langit yang terbang melintas di dekat Bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar